BAHAYA MEME IDUL ADHA...! ]

[ BAHAYA MEME IDUL ADHA...! ]

+ Mungkin membaca postingan ini sampai selesai kemudian membagikannya, akan sangat bermanfaat.

+ Sebagaimana kita tahu, sekitar beberapa tahun terakhir, menjelang dan saat idul adha banyak sekali bertebaran meme-meme lucu tentang idul adha. Objeknya kalau tidak kambing ya sapi.

+ Anda pasti pernah melihat meme semacam itu. Atau bahkan anda ikut membuat atau menyebarkan?

+ Meme-meme tersebut membuat kita tertawa, merasa terhibur, sehingga idul adha terasa sangat membahagiakan.

+ Dua tahun lalu, saya juga melakukannya. Ikut membuat meme kambing dan menyebarkannya di facebook dan dp blackberry. Dan teman-teman saya ikut tertawa. Saat itu saya merasa meme saya berhasil!

+ Kemudian saya bertemu dengan kenyataan lain yang membuat saya merasa amat bersalah. Bersalah sebagai seorang manusia, sekaligus merasa amat berdosa sebagai seorang yang mengaku beragama.

+ Begini ceritanya....

+ Saya mengikuti pengajian. Dan penceramahnya menjelaskan....

++

+ Idul adha adalah tentang Nabi Ibrahim. Seorang nabi yang selama bertahun-tahun tidak diberi keturunan.

+ Silahkan bertanya kepada pasangan suami istri yang tak kunjung punya momongan. Bagaimana rasanya, bagaimana sedihnya. Saya yakin, rasa sakitnya tak terperikan.

+ Lantas, saat akhirnya diberi keturunan, tiba-tiba Allah meminta sang anak untuk disembelih.

+ Bapak... ibu..., apa yang anda rasakan jika anda diminta menyembelih anak kesayangan anda? Apakah akan anda lakukan, atau anda akan menentangnya?

+ Jujur sajalah. Jangankan menyembelih anak. Jangankan menyerahkan anak kesayangan kepada Allah. Kita ini disuruh zakat saja berat. Disuruh sedekah saja kebanyakan alasan. Disuruh meninggalkan riba yang jelas-jelas diperangi allah saja bisa melawan.

+ Kita bahkan berani kok bilang kalau enggak KPR mana bisa punya rumah. Kalau enggak leasing mana bisa beli mobil. Seolah-olah bank memiliki kekuasan yang lebih besar dari Tuhan yang menciptakan dan memiliki seluruh alam semesta ini.

+ Dan Ibrahim, secinta apa pun dia kepada anaknya, tapi ketaatannya kepada Allah tak tergantikan. Maka saat Allah memintanya menyembelih Ismail, Ibrahim melakukannya.

+ Apakah peristiwa dan pengorbanan seorang ayah yang rela menyembelih anaknya karena ketaatannya kepada Allah adalah sebuah kisah komedi?

Dimana letak kelucuan Ibrahim, sehingga perlu anda buatkan meme kocak?

++

+ Idul Adha, adalah tentang Siti Hajar. Seorang istri yang diajak berjalan jauh di hamparan pasir gersang yang panasnya enggak ketulungan.

+ Setelah sampai di satu lembah mereka berhenti. Lalu suaminya berkata, kurang lebihnya begini :

+ Aku tinggalkan engkau di sini wahai istriku. Apa pun yang terjadi janganlah engkau meninggalkan lembah ini.

+ Kemudian suaminya pergi. Tidak meninggalkan apa-apa. Tidak meninggalkan uang, atm, kartu kredit, mobil utangan, apalagi rumah kpr.

+ Siti Hajar bertanya kepada suaminya. Engkau mau kemana? Pertanyaan itu dia ulang hingga tiga kali, tapi ia hanya mendapat sepi. Suaminya diam seribu bahasa.

+ Baru saat sang istri bertanya: apakah ini perintah dari Allah? Ibrahim menjawab : iya. Sesungguhnya Allah yang memerintahku.

+ Taukah engkau apa jawaban bunda hajar?

+ Baiklah, jika ini perintah dari Allah. Pergilah suamiku. Jangan risaukan kami. Allah pasti akan mencukupi kebutuhan kami. Allah tidak akan menelantarkan hambaNya.

+ Sepeninggal Ibrahim banyak cobaan menimpa bunda hajar. Terutama saat Ismail menangis kehausan.

+ Hajar mencari-cari sumber mata air tapi tak ada. Ia berlari-lari mengelilingi lembah dengan napas yang tersengal.

+ Tapi dia tidak menemukan mata air.
Ia ingin pergi keluar lembah, akan tetapi ibrahim sudah berpesan: apa pun yang terjadi jangan pernah meninggalkan lembah ini.

+ Dalam keadaan lelah, namun tetap memegang ketaatan pada perintah suami dan keyakinan bahwa Allah akan memelihara mereka, bunda hajar kembali menemui Ismail yang ia tinggal di gurun.

+ Sampai di sana dia terkejut. Di depan ismail menyembur air dari balik pepasir. Air yang selalu memancar deras dan tak pernah kering bahkan setelah berabad-abad kemudian.

+ Mata air inilah yang sampai sekarang kita sebut air zamzam.

+ Bapak ibu.... Alangkah mulianya ahlak siti hajar. Aklaknya sebagai istri, juga akhaknya sebagai hamba allah.

+ Hajar tidak protes begitu tahu suaminya melakukan sesuatu yang tampaknya keji itu karena ia diperintah Allah. Hajar justru meyakinkan suaminya, bahwa Allah pasti akan melindungi dia dan ismail.

+ Meski mereka mau mati karena kehausan, bunda hajar tidak meninggalkan lembah. Sebab dia patuh pada suaminya yang berpesan: apapun yang terjadi jangan meninggalkan lembah.

+ Bandingkan dengan istri-istri jaman sekarang. Atau coba tanya pada diri anda sendiri. Jika anda yang menjadi hajar, mungkinkah anda tetap di lembah melihat anak anda kehausan?

+ Mungkin anda akan keluar dari lembah untuk mencari pertolongan. Atau sekalian ajak ismail untuk pergi dari lembah. Ngapain di situ wong gersang. Bisa item kulit anda tauk :(

+ Tapi bunda hajar taat pada suaminya dan taqwa pada Tuhannya. Makanya dia patuh dan percaya.

+ Kemudian Allah abadikan ketaatan hajar. Lari berkeliling 7 kali dalam syai bagi jamaah haji adalah monumen larinya siti hajar saat berlari-lari mencari air minum untuk ismail.

+ Apakah ada bagian yang membuat anda tertawa dari apa yang dilakukan siti hajar dalam kisah tersebut, sehingga kita merasa perlu membuatkan meme lucu?

++

+ Idul Adha adalah kisah tentang ismail. Seorang anak yang ditinggal pergi bapaknya di tengah gurun selama bertahun-tahun.

+ Dan saat bertemu kembali, saat sedang asyik-asyiknya melepas rindu, tiba-tiba sang bapak bertanya: apakah aku boleh menyembelihmu?

+ Bapak bapak.... Silahkan tanyakan itu pada anak-anak anda. Niscaya anda akan dianggap gila. Atau bisa jadi malah anda yang disembelih anak anda.

+ Tapi apa jawab Ismail?

+ Baiklah ayahanda. Kalau memang itu perintah dari Allah, maka lakukanlah.

+ Apakah jawaban ismail lucu? Tidak sama sekali!

++

+ Dan hari itu, sepasang suami istri beserta anaknya yang taat pada Allah sedang diuji. Patuhkah mereka kepada Tuhannya?

+ Ternyata mereka patuh. Ibrahim taat, siti hajar pasrah, dan ismail rela. Ketiganya tidak melakukan pembelaan apa pun atas perintah dari Tuhannya.

+ Allah kemudian mengabadikan kisah heroik ini dalam idul adha.

++

+ Bapak ibu, idul adha adalah sebuah kisah yang sangat sakral.

+ Tentang ibrahim yang rela menyembelih anaknya demi imannya pada Allah.

+ Tentang hajar yang taat pada perintah suami untuk tidak meningalkan lembah. 7 kali ia berlari mengelilingi lembah kemudian Allah jadikan salah satu rukun dalam ibadah haji.

+ Tentang ismail yang rela disembelih ayahnya karena yakin bahwa perintah Allah pasti yang terbaik.

++

+ Sungguh tidak ada sedikitpun bagian dari kisah pengurbanan keluarga ibrahim ini yang bersifat lucu. Seluruhnya justru tentang air mata.

Dan pastaskah kisah heroik semacam itu kita jadikan bahan tertawaan?

+ Jadi meme meme lucu tentang pengurbanan keluarga ibrahim itu kamu tujukan untuk siapa? Dan kamu niatkan untuk apa?

+ Apa kamu kira meme meme lucu itu akan membuat  ibrahim dan keluarganya terhibur?

++

+ Bantu #Share agar makin banyak diantara kita menyadari kekeliruannya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAURAH TAKWINIAH ULA